oleh

BAWASLU Fasilitasi Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024

Faktanusantara.net || Cianjur – Telah berlangsung Pembukaan Fasilitasi Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang disenyelenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Cianjur, sebagai ketua panitia Sdr. Adi Darma Setia Staff Bawaslu Kabupaten Cianjur, bertempat di Ballroom Hotel Sanggabuana Jl. Raya Pacet, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, pada Selasaelasa (06/12) 2022.

Hadi Dzikri Nur Koordinator Pencegahan Bawaslu Kabupaten Cianjur mengungkapkan dalam keterangannya, bahwa meskipun masih dalam keadaan berduka, tapi tugas tetap harus dilaksanakan.

“Meskipun suasana sedang berduka dengan situasi yg menimpa saudara kitu, termasuk keluarga panwas juga terkena dampak, semoga segera pulih minimal psikologisnya, sehingga kegiatan bisa berlanjut lagi, Proses pelaksanaan tugas meskipun sepenuhnya tidak bisa terpenuhi minimal 50 % bisa melaksanakan,” ujarnya.

Masih ditempat yang sama, hal senada juga diungkapkan oleh Tatang Sumarna dari Divisi Pengawasan dan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Cianjur yang menerangkan, bahwa tahapan terus bergulir, meskipun sedang dirundung bencana tetapi tugas juga harus tetap dilaksanakan.

“Meskipun belum ada surat dari pusat belum ada yg mengkhususkan untuk Cianjur kita penyusunan data pemilih, Hari ini akan diberikan pencerahan secara teknis tugas dan fungsi termasuk pokok-pokok yg harus dikuasai dari awal baik teknis mekanisme dll, termasuk perkembangan selanjutnya. Saat ini pengawasan tahapan pemilu tidak sama sebelumnya, pimpinan di RI semua pengawas pemilu sampai ketingkat Desa, semua harus berperan, tidak ada lagi satu divisi yg dibebankan sendiri, semua divisi harus merasa punya tanggungjawab dan harus memiliki kemampuan yg sama terhadap divisi yang lain,” ungkapnya menjelaskan.

Sementara itu, Usep Agus Zawari selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur mengucapkan terimakasihnya untuk Sekretariat Panwascam yg sudah hadir pada kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT, Tahapan Pemilu sudah berjalan dimulai tanggal 14 Oktober 2022 tetapi ini tahapan pusat dan kemudian akan masuk tahapan kabupaten dan kecamatan. Kita harus menyamakan persepsi proses penyusunan yang akan kita lakukan, Kemungkinan kerumitan pasca bencana karena akan berdampak proses pemilihan 2024, apakah dihentikan dulu atau bagaimana belum ada perintah dari pusat, pastikan terkait proses dapat sesuai prosedur atau tidak, pastikan bahwa PPDT Pantarling harus bekerja sesuai prosedur, datangi ketiap rumah dan cek apakah sesuai dengan usia dan KTP,” paparnya.

Usep Agus Zawari juga menjelaskan agar PPDT Pantarling bisa Pastikan orang yang selayaknya harus terdaftar dan jangan sampai yg belum layak didaftarkan, Ketetapan waktu apakah sudah tepat atau belum, harus dipastikan jangan sampai salah.

“Apalagi tugasnya KPU kita ambil alih itu tidak boleh, Lakukan proses pencegahan, harus saling mengingatkan Kordinasi dengan PPK PPS Pantarling jangan sampai persoalan sepele menjadi patal. Bawaslu RI nomor 4 tahun 2022 terkait Identifikasi potensi wilayah khusus misalnya bencana, posko bencana,pendidikan,pemasyarakatan,  atau pengungsian dimungkinkannya dibentuk TPS khusus, kebijakan dalam proses saat ini dimungkinkan relokasi Cugenang ke Cimande dan Cilaku yang mana untuk dapilnya berbeda. Apakah setelah relokasi akan termasuk pindah atau tidak kita akan lihat potensi daerah tersebut akan dimasukan DPT Mande apa masih Cugenang hal tersebut dilaksanakan dalam rangka menemukan solusi yang harus di Update dan akan dikordinasikan dengan KPU,Untuk tugas pengawasa logistik dan rekap merupakan tugas Divisi SDM dan kampanye oleh bidang penindakan tetapi satu sama lain tetap berhubungan,” pungkasnya.(Bet)

Apa Tanggapan Anda ?
+1
0
+1
1
+1
0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed