Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pendidikan

Perkembangan Jasmani Pada Usia 6-14 Tahun Sangat Dipengaruhi Oleh

×

Perkembangan Jasmani Pada Usia 6-14 Tahun Sangat Dipengaruhi Oleh

Share this article
Perkembangan Jasmani
Perkembangan Jasmani

Faktanusantara.net – Seiring berjalannya waktu, setiap individu akan mengalami berbagai tahapan perkembangan. Salah satu tahapan yang paling menarik untuk dibahas adalah usia 6-14 tahun.

Pada usia ini, anak-anak mengalami perubahan yang signifikan dalam aspek fisik mereka, yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka.

Example 300x600

Tahap Awal: Usia 6-8 Tahun

Pada usia 6-8 tahun, anak-anak mulai meninggalkan masa kanak-kanak awal mereka. Secara jasmani, mereka mulai mengembangkan koordinasi motorik yang lebih baik.

Selain itu, pertumbuhan tulang dan otot mereka menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, pada tahap ini, anak-anak seringkali menjadi lebih aktif dan ingin terlibat dalam berbagai aktivitas fisik.

Transisi ke Usia 9-11 Tahun

Ketika memasuki usia 9-11 tahun, anak-anak semakin meningkat. Mereka mulai memasuki masa pra-pubertas, di mana perubahan hormon mulai terjadi.

Akibatnya, banyak anak mulai mengalami pertumbuhan cepat, terutama pada tinggi badan.

Selain itu, otot-otot mereka menjadi lebih kuat dan fleksibel, memungkinkan mereka untuk melakukan aktivitas yang lebih kompleks.

Baca Juga:  Langkah Pertama yang Perlu dilakukan Dalam Menyusun Asesmen adalah

Puncak Perkembangan: Usia 12-14 Tahun

Usia 12-14 tahun seringkali dianggap sebagai puncak dari anak. Pada tahap ini, banyak anak mulai memasuki masa pubertas.

Ini berarti mereka akan mengalami berbagai perubahan fisik, seperti pertumbuhan rambut, perubahan suara, dan pertumbuhan dada untuk anak perempuan.

Selain itu, pertumbuhan tulang dan otot mereka mencapai puncaknya, sehingga mereka memiliki kekuatan dan stamina yang lebih besar.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki laju perkembangan yang berbeda. Beberapa mungkin mengalami perubahan lebih cepat daripada yang lain.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memahami dan mendukung setiap anak selama tahap perkembangan ini.

Dalam rangkaian usia 6-14 tahun, anak-anak mengalami perubahan yang luar biasa.

Mulai dari koordinasi motorik yang meningkat, pertumbuhan tulang dan otot yang cepat, hingga memasuki masa pubertas.

Sebagai orang dewasa, kita harus memahami dan mendukung perkembangan ini agar anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Baca artikel menarik lainnya dari Faktanusantara.net di Google News Klik Disini
Example 120x600